Thursday, May 7, 2020

Alternatif SmartTV Buat Nonton Film Streaming

Jakarta, CNN Indonesia -- SmartTV bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin mengakses beragam konten film streaming dan video on demand seperti Netflix hingga iFlix.

SmartTV berfungsi seperti ponsel pintar, Anda bisa mengakses beragam aplikasi, berseluncur di browser, hingga bermain game Android dengan SmartTV.

Pandemi Covid-19 berujung pada kebijakan Pembatasan Sektor Berskala Besar (PSBB) yang membatasi aktivitas di luar rumah. PSBB dilakukan demi  menekan angka penyebaran Covid-19.


Untuk mengisi waktu luang di rumah, orang-orang mulai mencari hiburan. Salah satunya adalah dengan menonton program televisi hingga menonton layanan streaming.

Apabila tak memiliki dana untuk membeli Tv, Google Chromecast dan Anycast bisa menjadi pilihan. Google Chromecast dan Anycast bisa menyulap Tv biasa Anda menjadi Smart Tv.  Berikut beberapa rekomendasi Smart Tv, Google Chromecast dan Anycast.

1. Anycast: Rp95-217 ribu

Anycast adalah dongle yang terhubung dengan port HDMI di televisi. Perangkat ini bisa membantu pengguna untuk melakukan streaming tampilan yang ada di ponsel ke layar televisi. Harga yang ditawarkan berbagai pedagang di ecommerce bervariasi antara Rp95-217 ribu.

Lantaran ia hanya meneruskan tampilan ponsel ke layar televisi, maka apapun yang ada di layar ponsel bakal tercermin ke tv.

Sehingga ketika pengguna sedang asyik menonton dan tiba-tiba ada panggilan telepon masuk, maka seluruh tampilan di layar televisi pun berubah menjadi antar muka panggilan telepon. Alhasil, sedikit mengganggu ketenangan menonton.

Selain itu, alat ini juga membuat perangkat ponsel pengguna lebih cepat panas lantaran ia harus terus-terusan terhubung dengan perangkat Anycast tersebut.

Namun, alat ini menawarkan harga termurah untuk mengubah televisi pengguna agar bisa menayangkan streaming film tanpa harus membeli smartTV.

2. Google Chromecast: Rp649 ribu

Saat ini Google sudah mengeluarkan Chromecast generasi ketiga. Chromecast adalah perangkat streaming besutan Google yang juga terhubung dengan port HDMI di televisi pengguna.

Serupa dengan Anycast, Chromecast juga bisa mencerminkan (mirror) apa yang tampil di layar ponsel. Namun bedanya, Chromecast juga bisa dimainkan terpisah dari apa yang tampil di layar ponsel lewat aplikasi yang didukung oleh dongle ini.

Dengan demikian, ponsel bebas dimainkan sembari menonton Youtube atau Netflix. Selain itu, lebih menghemat baterai ponsel dan tak membuat ponsel cepat panas.

Namun, aplikasi yang tersedia di Chromecast terbatas, seperti Spotify, Netflix, Youtube, dan beberapa aplikasi lain. Meski ketersediaan layanan yang bisa di-streaming ke televisi yang ditancapkan dongle ini terbatas, pengguna masih bisa melakukan mirror ke layar televisi ketika bermain gim. Sehingga, layar yang dipandang jadi lebih luas.

Dari sisi harga, alat ini pun lebih murah ketimbang membeli smartTV.


3. Xiaomi Mi TV 4: Rp3,5-5,5 juta

Xiaomi baru saja meluncurkan  Mi TV 4 55 inci. Tv  memiliki kualitas gambar 4K UHD yang menampilkan. Tv juga dilengkapi dengan pengaturan 2 speaker 10W dengan sistem refleksi yang mendukung kualitas suara DTS-HD dan Dolby.

Meskipun memiliki layar besar, Mi TV 4  ini terlihat sangat tipis karena ukuran bezel (frame luar) yang begitu tipis, yaitu 11 mm. TV cerdas ini ada pada antarmuka PatchWall 3.0 yang menyatukan beragam penyedia konten seperti Netflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan IFlix.

Didukung oleh Android TV TM, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi dari Google Play Store, menonton video dari YouTube serta memanfaatkan keseluruhan fitur seperti Chromecast.

Tv dibekali dengan Ram 1GB dan ROM 8GB. Mi TV 4 55 inci dijual dengan harga Rp5 juta, sementara varian 43 inci dijual dengan harga Rp3,5 juta.

4. Coocaa 50S5G: Rp5 juta

Produk dengan panel IPS yang satu ini menawarkan fitur yang canggih namun dengan harga ekonomis. Tv memiliki kualitas gambar 4K UHD dengan layar seluas 50 inci.

Sama seperti smart TV jenis lainnya, Coocaa juga mampu terhubung dengan koneksi internet, sehingga pengguna bebas bisa menonton tayangan apa pun, baik itu video on demand maupun YouTube.

TV dibekali dengan RAM 2,5 GB dan ROM 16 GB.  TV 50 inci 4K ini dibanderol dengan harga sekitar Rp5 juta.

5. LG 49UM7100: Rp5,5 juta

Tv dibekali dengan LG ThinQ AI yang membuat Anda bisa memerintahkan Tv untuk melakukan sesuatu.  AI juga bisa memberikan rekomendasi dari kebiasaan menonton pengguna.

Tv juga telah disematkan kualitas gambar 4K dengan bentang layar IPS 40 inci. Prosesor quad-core dapat menghilangkan derau dan menciptakan warna dan kontras yang lebih dinamis.

Apabila gambar yang dihasilkan jauh dari 4K, prosesor akan meningkatkan gambar dan direproduksi mendekati kualitas gambar 4K. Tv dibanderol dengan  harga sekitar Rp5,5 juta. (jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment