Wednesday, April 29, 2020

Tadarus dan Dakwah 'Online' Ramadan Saat Tak Bisa ke Masjid

Jakarta, CNN Indonesia -- Bulan ini merupakan Bulan Suci bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh. Ramadan tahun ini agak sedikit berbeda karena mesti dijalani di tengah pandemi virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19).

Di Indonesia sendiri, sebelum pandemi masuk, masyarakat berbondong-bondong menunjang aktivitas ibadah mereka di masjid maupun menghadiri acara tausiyah secara langsung.

Beberapa komunitas di Indonesia yang menyiasati aktivitas tadarus hingga dakwah melalui platform streaming video. Ada juga aplikasi yang dapat Anda unduh di Google Play Store untuk menunjang kegiatan aktivitas ibadah di rumah.


Berikut acara dan daftar aplikasinya.

1. Tadarus Seni Ramadan 2020

Acara ini diinisiasi oleh beberapa komunitas religi di Indonesia, salah satunya Komunitas Musisi Ngaji (Komuji) Jakarta.

Episode pertama Tadarus Seni Ramadan 2020 akan mulai disiarkan lewat situs http://www.youtube.com/akuindonesia pada 30 April, mulai pukul 20:30 WIB sampai 22:00 WIB.

Lalu episode ke-2 dan ke-3 disiarkan pada 7 dan 14 Mei 2020 pada jam yang sama.

Nantinya, pada episode pertama penyelenggara akan menampilkan Once, Kikan, Armand Maulana (GIGI), Ikhsan Skuter, Ari Kriting, Dima Miranda.

Lalu musikalisasi puisi oleh Gus Mus oleh Mell Shandy, pembacaan puisi oleh Saleh Husin (Ketua MWA UI).

Sementara tausiyah akan disampaikan Ust. Ir. Agus Musthofa dan Ust. Ali Masyhar, Lc, M.Hum.

2. SalingSapa

Aplikasi SalingSapa telah diunduh di Play Store lebih dari 100 ribu pengguna. Aplikasi ini merupakan wadah bagi umat muslim untuk bisa menyaksikan tayangan video dakwah dari para ustad mulai dari Abdul Somad sampai Bachtiar Nasir.

Anda bisa mengunduh video-video dakwah tersebut secara gratis, sehingga dapat ditonton saat offline.

Pengembang menyematkan fitur Chat (obrolan) agar bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Uniknya aplikasi SalingSapa juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi mulai pembelian pulsa hingga membayar tagihan listrik.

3. Halo Ustadz

Aplikasi dikembangkan oleh Yayasan Baitut Tholabah dan telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna di Google Play Store.

Pengembang menawarkan sejumlah fitur mulai dari video tausiyah, hadits dan tafsir juz amma, fatwa agama sampai jadwal salat.

Ada juga fitur yang diberi nama "Tanya Ustadz", Anda dimungkinkan untuk bertanya langsung kepada ustadz terkait seputar agama Islam.

4. Go Langit

Go Langit merupakan aplikasi Google Play Store yang dikembangkan oleh Ar-Raudhah dan telah diunduh sebanyak lebih dari 50 ribu pengguna.

Menurut deskripsi aplikasi, pengembang bakal menyajikan kajian singkat dalam bentuk tulisan, suara, gambar maupun video yang bersumber dari kitab-kitab suci klasik dan sejumlah ulama, yang dibimbing oleh Habib Novel bin Muhammad Alaydrus.

5. Kajian Islami dan Murottal Quran

Kajian Islami 2 sebagai pengembang menawarkan audio, kajian, dan radio berisi dakwah-dakwah islam.

Audio Murottal misalnya, fitur ini menghimpun kumpulan murottal Quran dari berbagai Qari ternama mulai dari Muzzamil Hasballah, Yusuf Mansur, Maghfirah M Hussein, Ahmad Saud, Taha Al Junayd, Hani Ar-Rifai, As Sudias, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan kumpulan surat-surat pendek Al-Quran yang bisa digunakan untuk melatih hafalan setiap hari. (din/mik)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment