Wednesday, April 29, 2020

Skutik Nmax Diubah Jadi Jet Ski dan Mampu Main Air di Laut

Jakarta, CNN Indonesia -- Skutik 150 cc Yamaha Nmax keluar jalur jauh dari habitat aslinya. Seseorang telah mengubah skutik gaya maksi itu menjadi motor yang bisa dikendarai di atas air seperti jet ski.

Ide liar ini bukan cuma perkara mengubah penampilan, tetapi juga fungsi. Karya ini ditampilkan di video yang diunggah akun Youtube Bapak Mustofa Kepala Jenggot pada 8 April.


Sebelum Jetski, Mustofa pernah membuat karya lain yang juga menjadikan Nmax sebagai objeknya. Kala itu ia mengganti bagian buntut Nmax dengan milik Honda Astrea, begitu juga sebaliknya bagian depan Astrea namun sisi belakangnya mengenakan buntut Nmax.

Modifikasi Mustofa kala itu bisa dikatakan sukses, selain mendapat banyak perhatian, motornya juga tak mengalami kendala saat dikendarai.

Nmax jet ski merupakan karya selanjutnya yang jauh dari kata biasa. Dalam video motor ini telah diuji coba di laut.

Nmax itu sudah mengalami banyak ubahan terutama pada bagian kaki belakang. Bagian CVT, suspensi, dan roda sengaja 'dibuang' lalu diganti baling-baling kecil seperti alat penggerak perahu.

Suspensi belakang diganti menggunakan besi untuk dudukan rangkaian paralon berbentuk U sebagai alat pelampung. Sementara knalpot diganti dan corongnya dibuat tinggi agar tak kemasukan air.


Untuk menyalakan motor, di dalam video terlihat tidak lagi menggunakan starter dan kunci konvensional melainkan seperti kita menyalakan mesin angin tukang tambal ban, yakni menarik tali. Namun tak dijabarkan detail dalam video soal ubahan itu.

Nmax jet ski ini diujicoba kecepatannya di atas air, kemampuan apungnya, hingga digunakan berboncengan. Mustofa mengaku masih akan melakukan penyempurnaan agar Nmax tersebut andal di atas air sehingga benar-benar menyerupai jet ski.

"Tapi kurang laju karena power mesin kurang gede terus kemudi kurang sempurna. Jadi untuk jadi jet ski power harus gede. Nah ini nanti ganti ya mesinnya," kata dia dikutip Rabu (29/4).

[Gambas:Youtube]

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment