Hal tersebut diwujudkan dengan menerapkan prosedur keamanan dan kebersihan makanan yang lebih ketat di masa yang penuh tantangan ini.
Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus melayani para pengguna namun tetap melindungi kesejahteraan dan pendapatan mitra pengemudi dan mitra merchant-nya.
"Inilah alasan Grab mengembangkan sejumlah pedoman, perangkat, dan materi pelatihan baru yang dapat membantu mitra merchant untuk mengimplementasikannya dengan mudah ke dalam proses kerja harian mereka. Bersama-sama, kita dapat meningkatkan standar keamanan pangan di Indonesia dan berkontribusi dalam upaya memerangi Covid-19," ujar Neneng di Jakarta, Jumat (27/3).
Adapun peningkatan standar keamanan terpadu untuk untuk memastikan keamanan dan kebersihan pada layanan pesan-antar makanan GrabFood, sebagai berikut.
1. Mengisi 'Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood'
Untuk memastikan kualitas dan keamanan makanan yang diantar kepada pelanggan, mulai minggu ini, 'Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood' yang mencatat tanggal, waktu, nama, dan suhu tubuh karyawan yang menyiapkan makanan akan diberlakukan bagi semua pesanan GrabFood.
2. Memeriksa Suhu Tubuh
Mitra merchant dianjurkan melakukan pemeriksaan suhu tubuh secara rutin kepada pelanggan, karyawan, dan mitra pengantaran sebelum diizinkan memasuki restoran. GrabFood juga akan memberikan lebih dari 2.000 termometer tembak digital pada mitra merchant terpilih di seluruh Indonesia.
3. Menyediakan Area Pengambilan Khusus
Grab mendorong mitra merchant untuk menyediakan area pengambilan khusus untuk pesanan online. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kontak langsung antara mitra pengantaran, karyawan restoran, dan pelanggan.
4. Menerapkan Prosedur Kebersihan
Mitra merchant diwajibkan untuk menerapkan prosedur kebersihan setiap saat, seperti pembersihan berkala area dapur dan benda-benda yang paling sering disentuh seperti gagang pintu atau telepon. Kemudian, semua karyawan yang menangani makanan harus mengenakan masker, sarung tangan, dan tutup kepala; menjaga daging dan bahan mentah tetap higienis; menyegel pesanan makanan dengan benar untuk menghindari kontaminasi.
5. Mempermudah Akses terhadap Alat Pelindung Diri
GrabFood membantu mitra merchant dengan skala bisnis yang lebih kecil seperti UMKM di berbagai kota di Indonesia untuk mengakses masker, sarung tangan, dan penutup kepala dengan lebih mudah.
6. Menyediakan Disinfektan
Menyediakan area pengisian hand sanitizer atau disinfektan di Grab Driver Center dan GrabKitchen sehingga mitra pengantaran dapat dengan mudah mengaksesnya dan dapat mensterilkan tas pengantaran makanan secara teratur. (fef)
No comments:
Post a Comment