Monday, March 2, 2020

Virus Corona Masuk Indonesia, Netizen Serukan Jangan Panik

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo pada Senin (2/3) kemarin mengumumkan bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona novel (COVID-19) usai melakukan kontak dengan seorang warga negara (WN) Jepang yang juga terinfeksi corona.

Sontak, banyak masyarakat Indonesia yang mengalami kepanikan akibat wabah virus corona yang telah masuk ke Indonesia.

Tagar #StopPanikLawanCorona pun bertengger di posisi kedua topik terpopuler Indonesia, untuk menyerukan kepada masyarakat agar tidak panik melawan virus corona yang muncul pertama kali pada Desember 2019 di Wuhan, China.

Akun @yourlittleNM mencuitkan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Selain itu, ia juga mengimbau jangan menjual masker dengan harga 'selangit'.


"Jangan panik, selamatkan diri dan negara kita dengan memberikan masker kepada orang sakit. Jaga kesehatan, kebersihan, dan jangan menjual masker dengan harga mahal. Jadi, kita bisa menyelamatkan orang lain dan diri kita sendiri dengan saling menjaga, jangan biarkan ego menghancurkan kita #StopPanikLawanCorona," kata dia.

Sementara akun @Hi_Quds menyerukan untuk tidak menyebarkan informasi palsu (hoaks) terkait virus corona.

"Yang penting jaga kesehatan diri dan keluarga. Stop sharing informasi yang tidak jelas (hoaks)," cuit dia.

Akun @HerlinaPray mengunggah informasi apa saja gejala dan cara menangkal virus corona. Salah satunya, gejala umum corona ialah demam, batuk, dan sesak napas.

Lalu cara menangkal virus yang paling umum adalah menjaga kebersihan tangan.

Akun @dwiyanaDKM mengunggah video tutorial atau cara batuk yang benar dari akun TikTok Alodokter, perusahaan rintisan (startup) di bidang kesehatan.

Akun @biellasafira mengunggah foto daftar 100 rumah sakit rujukan virus corona di Indonesia seperti RSPI Dr. Sulianto Saroso Jakarta, RSU Dr. Hasan Sadikin Bandung, dan RSU Sanglah Bali.

Korban meninggal akibat terinfeksi virus corona sampai hari ini di seluruh dunia berjumlah 3.085 orang. Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona tercatat sebanyak 45.581 orang.

Negara dengan jumlah penduduk yang terpapar kedua terbesar setelah China adalah Korea Selatan. Tercatat ada 4.335 penduduk setempat yang dinyatakan positif virus corona.

[Gambas:Video CNN]

Dilaporkan 28 penduduk Korsel meninggal akibat virus corona, dan yang sembuh mencapai 30 orang.

Di Eropa, Italia menjadi pusat penyebaran wabah virus corona. Sebanyak 2.036 orang di negara itu dinyatakan positif virus corona, dengan korban meninggal mencapai 52 orang, dan yang sembuh 149 orang.

(din/DAL)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment