Thursday, March 5, 2020

Tangkal Corona, Periksa Suhu Tubuh di Pintu Masuk Giicomvec

Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap pengunjung yang masuk ke area penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Commercial Expo (Giicomvec) pada Kamis (5/3) di Jakarta Convention Center (JCC) wajib diperiksa suhu tubuhnya menggunakan alat khusus. Hal ini merupakan salah satu tindakan antisipatif penyelenggara menanggapi penyebaran virus corona (Covid-19).

Suhu tubuh tinggi merupakan indikasi seseorang mengalami demam yang menjadi salah satu gejala awal infeksi Covid-19.

Safety Officer JCC Priyono Hadisusilo yang berjaga di pintu masuk menjelaskan setiap pengunjung, termasuk Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang membuka secara resmi Giicomvec, turut kena pemeriksaan suhu tubuh.

Kata Priyono, bila ditemukan pengunjung yang suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celcius maka akan diarahkan ke tim medis yang sudah berjaga untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dia juga bilang pihaknya menyediakan dua ambulans untuk berjaga-jaga.

Pengunjung yang suhu tubuhnya normal dipersilakan masuk dan diberi tanda stiker berwarna jingga sebagai penanda. Priyono bilang hingga pukul 14.15 WIB belum ada pengunjung yang diketahui suhu tubuhnya di atas 38 derajat.

Diah Putri, Publik Relations Manager Seven Events, promotor Giicomvec, menjelaskan, pihaknya menyediakan pemeriksaan suhu tubuh atas kerja sama dengan pihak JCC. Selain itu, tindakan preventif lain yang dilakukan untuk mengurangi potensi penyebaran Covid-19 yakni dengan menyediakan hand sanitizer di berbagai lokasi acara.

"Kami juga mengimbau setiap stan menyediakan [hand sanitizer], kami mengimbau pengunjung selalu menjaga kebersihan tangan [melalui banner], tersebar di seluruh area pameran," ucap Diah.

Menurut Diah, pihaknya masih berharap Giicomvec didatangi lebih banyak pengunjung dibanding sebelumnya. Menurut dia penurunan jumlah pengunjung pada penyelenggaraan tahun ini belum bisa dipastikan sebab masih acara masih digelar tiga hari lagi.

[Gambas:Video CNN]

Giicomvec diputuskan tetap digelar kendati ada arahan dari Pemprov DKI Jakarta soal izin keramaian terkait status Indonesia yang sudah terjangkau Covid-19. Seperti diketahui dua warga Depok, Jawa Barat sudah dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Acara dua tahunan Giicomvec merupakan pameran kendaraan komersial yang digelar pada 5-8 Maret. Pada penyelenggaraan 2018, Giicomvec dikunjungi lebih dari 10 ribu orang. (fea/mik)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment