Friday, March 6, 2020

Fuso Pamer Truk Listrik, Sanggup Angkut Barang 4 Ton

Jakarta, CNN Indonesia -- Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor Fuso memamerkan truk listrik, eCanter, di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec), Kamis (5/3). Truk dengan enam kemasan baterai ini diklaim mampu mengangkut muatan hingga empat ton.

Presiden Direktur KTB Atsushi Kurita mengatakan pihaknya sengaja memanfaatkan ajang tersebut untuk memperkenalkan teknologi ramah lingkungan pada kendaraan komersial.

Sebelumnya KTB pernah memamerkan truk ini pada ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) dua tahun lalu, namun masih dalam bentuk purwarupa. Kali ini berbagai rincian spesifikasinya sudah mulai dibuka ke publik.

"KTB memanfaatkan momentum ini untuk memajang eCanter, untuk mensosialisasikan kecanggihan teknologi truk elektrik," kata Kurita.

Fuso eCanter merupakan truk boks yang jika sanggup dikemudikan sejauh 100 km menggunakan baterai yang terisi 75 persen. Motor listrik yang dimilikinya sanggup menghasilkan tenaga 181,4 hp dengan torsi 390 nm.

Truk yang muat dua penumpang tersebut juga punya berbagai fitur keselamatan, di antaranya anti-lock braking system (ABS), electronic stability program (ESP) agar kendaraan tetap stabil, hingga sistem lane departure warning.


[Gambas:Video CNN]

Tidak Dijual atau Disewa

Direktur Sales & Marketing KTB Duljatmono mengatakan truk ini hanya sebatas pajangan. Belum ada keputusan perusahaan menjualnya dengan berbagai pertimbangan, salah satu ketersediaan infrastruktur kendaraan listrik dan skema pajak.

Sebagai informasi truk ini telah diproduksi secara masal dan dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, serta beberapa negara di Eropa yang diperuntukkan bagi konsumen borongan.

"Tapi di Jepang, truk ini hanya disewakan saja. Dan di Indonesia kami belum punya niat untuk menyewakan truk ini," kata Duljatmono.

Truk yang diperuntukkan sebagai angkutan logistik di wilayah perkotaan ini juga belum dapat dipastikan harganya bila dipasarkan di Tanah Air.

"Harganya pun saya terus terang tidak tahu, apalagi jika di jual di Indonesia," kata Duljatmono.

Pada kesempatan yang sama KTB juga meluncurkan truk konvensional dengan panjang 9,8 meter berkonfigurasi 6x2, yaitu Fighter FN61FL HD. Truk ini melengkapi varian sebelumnya yang dijual KTB, yakni Fighter FN61FL (6x2). (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment