Wednesday, March 4, 2020

Bantu Pekerja yang Takut Corona, Google Gratiskan Hangouts

Jakarta, CNN Indonesia -- Google mengumumkan pengguna G Suite dan G Suite for Education bisa menggunakan fungsionalitas Hangouts Meet premium secara gratis. Kebijakan itu dikeluarkan imbas virus corona alias Covid-19 yang merebak ke puluhan negara dan membunuh 3 ribu lebih manusia.

Melansir Engadget, Hangouts Meet premium bisa digunakan secara gratis sejak pekan ini hingga 1 Juli 2020. Google berharap kebijakan itu dapat memudahkan orang untuk bekerja dari jarak jauh karena khawatir dengan penularan Covid-19.

Hangouts Meet premium yang digratiskan memberi kesempatan setiap individu berpartisipasi dalam pertemuan virtual dengan 250 orang dan streaming langsung hingga 100.000 pemirsa. Selain itu, pengguna dapat menyimpan rekaman pertemuan ke Google Drive secara gratis.

Google menyampaikan ratusan ribu siswa di Hongkong dan Vietnam telah menggunakan aplikasi Hangouts Meet and Classroom untuk mengikuti kelas. Hal itu dilakukan karena otoritas menutup sementara sekolah.


Langkah Google juga dibuat sebagai respon atas perusahaan pesaing, yakni Zoom yang kian digunakan akibat krisi Covid-19.

"Karena lebih banyak karyawan, pendidik, dan siswa bekerja jarak jauh dalam menanggapi penyebaran COVID-19, kami ingin melakukan bagian kami untuk membantu mereka tetap terhubung dan produktif," kata Google.

[Gambas:Video CNN]

"Kami berkomitmen untuk mendukung pengguna dan pelanggan kami selama masa yang penuh tantangan ini dan terus meningkatkan infrastruktur kami untuk mendukung permintaan Hangouts yang lebih besar, memastikan akses yang efisien, dan andal ke layanan selama periode ini," kutip Google.

Diketahui, Covid-19 telah memiliki banyak efek pada industri teknolog sejak pertama kali mewabah. Konferensi sejumlah perusahaan menjadi salah satu korban yang paling terdampak.

Awal minggu ini misalnya, Google mengumumkan akan mengadakan konferensi Cloud Next yang akan datang secara virtual sebagai langkah mencegah orang untuk menghadiri acara secara langsung.

(jps/DAL)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment