Friday, January 31, 2020

Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang 31 Januari-2 Februari

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi tanggal 31 Januari sampai 2 Februari 2020 di beberapa wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat disertai angin kencang.

Massa udara basah di lapisan rendah nantinya akan terkonsentrasi di sebagian besar wilayah kecuali Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua Barat.

Sedangkan untuk daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang atau kuat terdapat di wilayah Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Tengah, dan Papua.

BMKG juga mencatat ada sirkulasi siklonik di Banten bagian selatan dan konvergensi memanjang di perairan barat Bengkulu hingga selatan Jawa Barat, dari Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga NTT, dan dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tenggara.


Sementara daerah belokan angin terdapat di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Sumatera, Kalimantan dan bagian utara Sulawesi.

Berdasarkan keterangan rilis yang diterima CNNIndonesia.com, untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat Jumat ini (31/1) dan masih akan berlangsung sampai esok hari (1/2) antara lain:

1. Sumatera Barat
2. Bengkulu
3. Lampung
4. Jawa Tengah
5. NTT
6. Kalimantan Tengah
7. Kalimantan Timur
8. Gorontalo
9. Sulawesi Selatan
10. Sulawesi Tenggara

[Gambas:Video CNN]

Lalu potensi hujan lebat tanggal 2 Februari 2020, bakal terjadi di wilayah:

1. Sumatera Utara
2. Sumatera Barat
3. Bengkulu
4. Kepulauan Bangka Belitung
5. Jawa Tengah
6. NTB
7. NTT
8. Kalimantan Tengah
9. Kalimantan Timur
10. Sulawesi Tenggara
11. Maluku


Sementara untuk wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir hari ini dan masih akan berlangsung sampai besok, antara lain:

1. Sumatera Utara
2. Riau
3. Jambi
4. Sumatera Selatan
5. Jawa Barat
6. Jabodetabek
7. Yogyakarta
8. Jawa Timur
9. Bali
10. NTB
11. Papua
12. Kalimantan Barat
13. Kalimantan Selatan


Untuk tanggal 2 Februari 2020 wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir ialah:

1. Riau
2. Jambi
3. Sumatera Selatan
4. Jawa Barat
5. Jabodetabek
6. Yogyakarta
7. Jawa Timur
8. Bali
9. Kalimantan Barat
10. Kalimantan Selatan
11. Papua

"BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir atau kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," himbau BMKG. 

(din/DAL)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment