Friday, January 3, 2020

Klub Off Road Evakuasi Warga dan Mobil Ringsek Korban Banjir

Jakarta, CNN Indonesia -- Kumpulan pecinta olahraga off road, Indonesia Offroad Federation (IOF), membantu penanganan evakuasi korban banjir Jakarta, termasuk pada warga dan juga mobil-mobil yang sempat hanyut dan rusak. Kegiatan tersebut berlangsung sejak kemarin hingga hari ini, Jumat (3/1).

Divisi Bencana IOF Imam Tri Mulyanto menjelaskan pada hari pertama kegiatan yang dilakukan fokus membantu proses evakuasi warga. Sedangkan pada hari ini agendanya memindahkan mobil-mobil yang menjadi bangkai di jalan karena terseret arus.

"Jadi mobil-mobil yang ketumpuk di tengah jalan, kita pinggirin agar tidak ganggu. Terus kemarin itu proses evakuasi korban kami bawa perahu sendiri," kata Imam melalui sambungan telepon, Jumat (3/1).


Imam menuturkan ada 60-an anggota dari berbagai klub off road yang berada di bawah payung IOF DKI berpartisipasi pada kegiatan ini. Mereka menyebar ke berbagai daerah terdampak banjir, di antaranya Pondok Gede, Tambun, Bekasi, hingga Bogor untuk melakukan proses evakuasi.

Ia mengatakan besok mereka bakal kembali melanjutkan program evakuasi ke daerah terdampak banjir di Lebak, Banten. Selain komunitas off road, kemungkinan agenda di Lebak juga bakal dibantu komunitas trail.

"Besok kami ada tambahan dari komunitas trail," kata Imam.

[Gambas:Video CNN]

Kegiatan tersebut dikatakan murni diinisiasi IOF, meski begitu Imam bilang ada satu perusahaan swasta yang ikut membantu pergerakan.

"Tapi kalau alat-alat seperti perahu kami ada dibantu beberapa universitas yang punya alat-alat evakuasi bencana gitu. Kami pinjam," katanya.

Imam menambahkan selama masih ada korban yang terdampak bencana banjir, kegiatan ini masih tetap berlangsung.

[Gambas:Instagram] (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment