Wednesday, May 6, 2020

SAFEnet Respons Dugaan Cyberbullying Cucu SBY soal 'Lockdown'

Jakarta, CNN Indonesia -- Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) mengatakan cuitan pegiat media sosial Denny Siregar terhadap surat anjuran lockdown yang dibuat oleh cucu mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Almira Tunggadewi Yudhoyono menggiring warganet untuk melakukan perundungan atau bullying.

Kepala Sub Divisi Digial at Risks SAFEnet, Ellen Kusuma menyoroti cuitan Denny justru bisa mengundang atau memicu berbagai pihak untuk merundung Almira meski tidak masuk kategori cyberbullying.

Ellen menjelaskan cuitan Denny sudah membangun persepsi publik tertentu terhadap Almira, yang masih di usia anak, dan kebetulan dari keluarga figur terkenal di bidang politik.


"Saya tekankan bahwa apa yang dilakukan Denny dapat memancing pihak-pihak lain untuk justru melakukan perundungan pada Almira, baik secara langsung atau pun melalui media siber," kata Ellen saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (6/5). SAFEnet justru menyatakan cuitan Denny tersebut merundung atau mem-bully Partai Demokrat, bukan ditujukan untuk Almira.

Sebelumnya, Almira, yang merupakan anak dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu membuat teks surat berbahasa Inggris yang harus dikirimkan ke Presiden Joko Widodo untuk tugas sekolah. Isinya tentang lockdown demi menghindari penularan virus corona.

"Saya melihat Denny sedang melakukan perundungan pada Partai Demokrat, daripada khusus ditujukan pada Almira. T," katanya. 

Ellen menjelaskan dalam UU ITE sendiri ada dua pasal yang bisa dan biasa digunakan untuk kasus cyberbullying, yaitu pasal 27 Ayat 3 UU ITE terkait pencemaran nama baik, dan pasal 29 UU ITE terkait pengancaman atau intimidasi.

"Untuk kasus ini, saya lihat tidak masuk untuk unsur-unsurnya," tutur Ellen.

Ellen juga setuju terhadap pernyataan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang meminta agar warganet untuk berhenti melakukan perundungan siber terhadap Almira.

"Menurut saya langkah dalam bentuk imbauan yang diambil KPAI sudah tepat. Warganet harus bijak dalam berkomentar terkait hal ini dan tidak menjadikan anak-anak sebagai objek perundungan," ujar Ellen.

Sebelumnya, usai diberitakan oleh sejumlah media, pegiat media sosial Denny Siregar mengunggahnya di medsos. Dia menyertakan kalimat sindiran. Unggahan Denny pun disukai dan dibagikan oleh ribuan warganet.

Gelagat Denny membuat Ibu Almira, yakni Annisa Pohan gusar. Dia merasa Denny melakukan cyberbullying kepada putrinya. Sejumlah pengurus Partai Demokrat pun tidak terima dengan sindiran Denny.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment