Sunday, May 3, 2020

Pameran Otomotif GIIAS Batal Digelar Agustus

Jakarta, CNN Indonesia -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memutuskan menunda Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Tangerang yang rencananya akan digelar pada 7-17 Agustus. Penundaan ini berkaitan dengan efek virus corona (Covid-19) yang berlarut di dalam negeri.

"Rencananya akan diundur," kata Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (4/5).


Menurut Nangoi, Gaikindo bakal mengeluarkan keterangan resmi terkait penyelenggaraan GIIAS Tangerang pada pekan ini. Pihaknya dikatakan sedang memastikan banyak hal termasuk jadwal baru GIIAS Tangerang.

GIIAS pada tahun ini direncanakan bakal digelar di empat lokasi, yakni Surabaya (20-29 Maret), Tangerang (7-17 Agustus), Makassar (21-25 Oktober), dan Medan (25-29 November).

GIIAS Surabaya telah diputuskan dibatalkan karena kekhawatiran virus. Nangoi menjelaskan GIIAS Makassar dan Medan juga dibatalkan, itu berarti GIIAS pada tahun ini hanya akan fokus di penyelenggaraan di Tangerang.

GIIAS Tangerang atau yang sering disebut GIIAS Jakarta merupakan menu utama pameran otomotif yang digelar Gaikindo. Sejak 2015, GIIAS yang digelar setiap Agustus dianggap sebagai tambahan gas buat penjualan mobil dalam negeri pada semester kedua.

"Pastinya sudah tidak keburu, jadi yang di Jakarta saja kami undur. Rencananya yang Makassar sama Medan akan kami batalkan," ucap Nangoi.


Mundurnya penyelenggaraan pameran otomotif internasional terbesar di dalam negeri karena wabah virus corona merupakan salah satu indikasi tekanan pada industri. Gaikindo sebelumnya menyatakan prediksi penjualan mobil pada tahun ini hanya 600 ribu unit, padahal pada tahun lalu bisa mencapai lebih dari 1 juta unit. (fea)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment