Thursday, April 30, 2020

Dealer Ford Aktif Jualan Mobil Baru Sejak GM Pamit

Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan dealer Ford mengakui telah aktif menjual mobil baru sejak tahun lalu. Aktivitas ini dilakukan lebih dari tiga tahun setelah Ford secara resmi menghentikan bisnis penjualan mobil di dalam negeri.

Salah satu dealer Ford, Auto Kencana Group, menyatakan, dealer mereka sudah mendapatkan pasokan unit impor Ranger sejak tahun lalu. Lantas penjualan pikap kabin ganda itu sudah dilakukan pada akhir tahun.

"Sudah. Akhir-akhir tahun," kata Presiden Direktur Auto Kencana Group Andee Yoestong kepada CNNIndonesia.com, Kamis (30/4).


Saat dihubungi Andee belum dapat menjelaskan kapan persisnya dealer mulai menjual Ranger, meski begitu dia bilang itu terjadi setelah General Motors mengumumkan pada 28 Oktober 2019 bakal menghentikan penjualan mobil baru Chevrolet di dalam negeri per 1 April 2020.

Dealer Auto Kencana yang menjual Ranger saat ini dikatakan berada di Palangkaraya, Medan, dan Jakarta. Pada akhir tahun dia juga bilang sudah mengajak sebagian konsumen berkumpul untuk memperkenalkan Ranger di Medan.

Ranger yang dijual Auto Kencana terdiri dari varian 4x2 dan 4x4 yang dijual Rp500 juta - Rp600 jutaan. Sebagian besar pembeli disebut berasal dari kalangan fleet atau pembeli borongan yang terkait sektor pertambangan dan pertanian. Namun demikian unit produksi 2019 yang dilego itu juga dibeli 'satu-dua' konsumen ritel.

Penjualan Ranger disebut juga dilanjutkan pada tahun ini. Andee mengatakan tidak menimbun banyak stok unit namun disesuaikan permintaan, sedangkan sebagian unit dijadikan pajangan dealer untuk referensi konsumen.

Andee mengatakan stok Ranger didistribusikan oleh RMA Indonesia, perusahaan yang ditunjuk prinsipal Ford pada 2016 untuk melanjutkan bisnis purna jual. Namun demikian dia tidak mengetahui detail status kerja sama perusahaan itu dengan prinsipal Ford.

"Tahun ini mereka mulai jual Ranger [lagi] tapi ada garansi juga, jadi sama saja dengan APM [Agen Pemegang Merek]. Tapi saya tidak tahu posisi dia [RMA Indonesia] dengan Ford sebagai apa," kata Andee.

Pihak RMA Indonesia yang dihubungi CNNIndonesia.com terkait penjualan Ranger menolak mengungkap banyak informasi.

"Kami belum mendapat konfirmasi dari Ford bahwa RMA Indonesia sekarang ini sebagai APM Ford secara resmi," kata Yanto Mardianto, Senior Manajer Pemasaran dan Penjualan RMA Indonesia saat dihubungi. (fea/fea)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment