Thursday, March 5, 2020

Kemenhub Buru Truk ODOL yang Ingin Keluar Pulau

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal memberlakukan program Zero ODOL (Over Dimension dan Over Loading) secara nasional mulai 1 Januari 2023, namun khusus untuk beberapa lokasi pembasmian truk yang melanggar peraturan akan diterapkan dalam waktu dekat.

Kemenhub menyatakan bakal menyasar kendaraan komersial jenis dump truk yang biasa digunakan mengangkut pasir dan tanah dalam pelaksanaan awal Zero ODOL khusus di Jabodetabek.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi mengatakan mulai bulan ini dump truk di Jabodetabek akan lebih dipantau muatannya kemudian diimbau agar taat ketentuan dengan memotong sendiri baknya sampai sesuai peraturan.

"Sasaran untuk wilayah Jabodetabek untuk kendaraan-kendaraan dump truk," kata Budi ditemui di Senayan, Jakarta, Kamis (5/2).

Menurut Budi, dump truk di Jabodetabek dinilai paling sering melanggar untuk urusan muatan. Bak dikatakan sengaja dimodifikasi sehingga mampu mengangkut muatan lebih banyak.

Budi memberi contoh seharusnya bak dump truk punya tinggi satu meter. Namun yang ditemukan di lapangan, tinggi bak dump truk kebanyakan 1,7 meter hingga 2 meter.

Budi mengatakan jika operator tidak menuruti imbauan memotong sendiri kelebihan bak, truk tersebut tidak akan lolos uji KIR. Sementara sanksi pemotongan oleh aparat bakal dilakukan jika program ODOL sudah berlaku penuh 2023.

"Pelanggaran dimensi untuk kendaraan ini rata-rata 1,7 meter tinggi sampai 2 meter. Padahal sesuai regulasi hanya satu meter," ucap dia.

Pelabuhan dan Jalan Tol

Selain kawasan Jabodetabek, pelarangan truk ODOL bakal diterapkan di Pelabuhan Merak dan Bakaheuni, serta Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk.

"Kemudian berikutnya akan melaksanakan kegiatan di awal bulan depan atau bulan ini untuk kendaraan ODOL tidak bisa menyeberang. Kami akan sosialisasi jadi dalam waktu dekat dilakukan," kata Budi.

Budi menambahkan pekan depan pihaknya juga akan melarang truk ODOL beroperasi di tol ruas Tanjung Priok, Cikampek, hingga Bandung.

"Nah untuk Senin besok kami dan Korlantas akan mulai melaksanakan pelarangan truk ODOL," kata Budi.

Program Zero ODOL seharusnya diberlakukan secara nasional pada 2021, namun akhirnya diputuskan ditunda sampai 2023 setelah berdiskusi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Kemenperin menjelaskan industri butuh waktu untuk penyesuaian.

[Gambas:Video CNN] (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment