Saturday, March 7, 2020

DFSK Gelora 'Bidik' Gran Max yang Muat 11 Penumpang

Jakarta, CNN Indonesia -- Sokonindo Automobiles (DFSK) sempat fokus pada produk SUV pada tahun lalu, namun pada awal tahun ini kembali lagi serius di segmen kendaraan komersial dengan meluncurkan model baru minibus Gelora.

Gelora merupakan mobil 'hidung pesek' yang disiapkan untuk berbagai kebutuhan, misalnya sebagai angkutan umum, pengangkut logistik perkotaan, ataupun kebutuhan khusus misalnya ambulans. Di Indonesia kebutuhan selama ini dipenuhi mobil seperti Daihatsu Gran Max atau Suzuki Carry.


DFSK Gelora, Lawan Gran Max yang Muat 11 PenumpangDFSK Gelora. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Gelora memiliki dimensi panjang 4,5 m, lebar 1,68 m, tinggi 2 m, dan wheelbase 3,05 m. Ukuran tubuh itu lebih panjang 45 cm dan lebih tinggi 1 cm dari Gran Max.

Ruang kabin Gelora punya konfigurasi 11 jok, namun bisa diadaptasi sesuai kebutuhan misalnya menjadi 2 jok, 7 jok, atau 9 jok. Pada versi blind van, ruang kabin diklaim seluas 4,8 meter kubik.

Gelora dibekali mesin bensin DK 1.500 cc DVVT sesuai Euro IV yang diletakkan di bawah jok sopir dan penumpang depan. Mesin itu menghasilkan 107 hp dan torsi 140 Nm.

Spesifikasi teknis lainnya yaitu penggerak roda belakang, rem depan cakram - belakang tromol, suspensi depan McPherson independen - belakang 5 per daun, dan pelek 14 inci dengan ban ukuran 185/80.


DFSK Gelora, Lawan Gran Max yang Muat 11 PenumpangDFSK Gelora. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

[Gambas:Video CNN]

Sedangkan di kabin sudah tersedia interior serba hitam, head unit single DIN, power window, dan AC. Mobil dengan pintu geser yang dirancang menggunakan platform ladder frame ini tidak dilengkapi airbag.

Saat pengenalan Gelora untuk pertama kalinya di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec), Kamis (5/3), DFSK belum bisa memastikan kapan penjualannya bakal dimulai. Namun mobil impor utuh dari China ini disebut akan dijual dengan kisaran harga Rp185 juta - Rp189 juta untuk varian minibus dan Rp175 juta - Rp179 juta buat varian blind van.

Selain varian minibus dan blind van, Gelora juga tersedia dalam versi murni listrik yang diberi nama Gelora E. Kisaran banderol buat Gelora E yakni Rp489 juta - Rp499 juta untuk varian minibus dan Rp469 juta - Rp 479 juta buat tipe blind van.

DFSK Gelora, Lawan Gran Max yang Muat 11 PenumpangDFSK Gelora. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
(fea/fea)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment