Wednesday, February 26, 2020

Spekulasi Honda Jazz Pensiun di Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Ada kemungkinan nama Jazz, hatchback Honda yang dijual di Indonesia sejak 2003, bakal lenyap. Spekulasi ini muncul sebab sekarang generasi baru Fit, nama lain Jazz di Jepang, dinilai tak cocok buat konsumen Tanah Air dan tidak ada opsi desain lain buat melanjutkan siklus hidup Jazz di Indonesia.

Pemegang merek Honda di dalam negeri, Honda Prospect Motor (HPM), belum bisa memastikan diri bakal menyerap desain Fit kemudian memproduksinya di Indonesia untuk menggantikan Jazz yang saat ini masih dijual di pasaran.

Menurut Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, konsumen di Indonesia menginginkan Jazz dengan desain sporty. Hal itu tidak bisa ditemukan di Fit yang dikatakan desainnya berubah menjadi imut.

Bukti konsumen mau nilai sporty dipelajari dari catatan penjualan Jazz yang dikatakan Yusak sebesar 97 persen diwakili varian RS. Pada tahun lalu, berdasarkan data wholesales Gaikindo, Jazz yang ditawarkan empat varian terjual sekitar 12.000 unit, sebanyak 10.000 unit merupakan RS CVT dan 1.860 unit RS M/T.


RS merupakan nama varian sport global Honda dengan kadar sporty yang meliputi komponen eksterior agresif ketimbang standar. RS adalah varian sport dengan kadar sporty di bawah Si (Sport Injected) dan Type R.

"Yang diluncurkan kan Fit, itu untuk pasar Jepang. [Apa ada pilihan lain untuk desain baru Jazz?] Kan kita line up ada banyak, ya pokoknya yang cocok dengan karakternya Jazz apa, konsumen maunya apa," kata Yusak di Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/2), menjelaskan soal masa depan Jazz.

Jazz yang identik sporty di Indonesia juga diperkuat keikutsertaan hatchback segmen B ini di ajang balapan dalam negeri. Citra balap ini, kata Yusak, juga jadi pertimbangan desain imut generasi baru Fit tidak cocok untuk Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Menurut dia desain generasi baru Fit bukan cuma masalah Indonesia, tetapi juga di berbagai pasar regional Asia Tenggara. Kata dia, saat perwakilan Honda dari Asia Tenggara datang ke Tokyo Motor Show buat melihat debut Fit, banyak pihak menilai desainnya terlalu imut.

Spekulasi Honda Jazz Pensiun di IndonesiaGenerasi baru Fit telah resmi dijual di Jepang mulai Januari. (CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)

Spekulasi

Dugaan Jazz bakal pensiun diperkuat kemunculan gambar paten yang diprediksi sebagai City Hatchback. City selama ini dikenal sebagai sedan kecil yang versi terbarunya sudah meluncur di Thailand, negara yang punya fasilitas Research and Development Honda untuk kawasan Asia Tenggara.

Berdasarkan gambar paten itu, City Hatchback terlihat jauh lebih sporty ketimbang Fit. Garis-garis bodinya terlihat lebih tegas dengan aksentuasi runcing daripada Fit yang bulat-bulat. Bisa jadi City Hatchback dipersiapkan untuk menggantikan Jazz, namun belum ada pernyataan langsung HPM menanggapi hal ini. 

[Gambas:Instagram]

"Belum kami putuskan sama sekali, masih dipelajari. Yang bilang [Jazz] mau disetop siapa? Kami masih pelajari," ucap Yusak.

Pada November 2019, Yusak pernah mengatakan prinsipal Honda akan meluncurkan investasi sebesar Rp5,1 triliun untuk 2019-2023 di Indonesia. Investasi itu ditegaskan untuk pengembangan model baru dan penambahan tingkat kandungan lokal. 

(fea/DAL)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment