Monday, December 30, 2019

Cerita 'Status BUMN' Bengkel Motor Custom Jokowi

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilik rumah modifikasi Katros Garage, Andi Akbar, mengungkap video pembuatan motor custom Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dirancang berbasis Kawasaki W175. Butuh dua bulan bagi Katros menyelesaikan proyek motor kepala negara yang akhirnya kerap dipakai blusukan itu.

"Ini video pertama kali gue tayangin tentang motor Pak Jokowi," kata Andi yang karib disapa Atenk itu melalui akun video berbagi miliknya, dikutip Senin (30/12).

Dalam video Atenk tidak terlalu mengupas detail motor tersebut, melainkan lebih menceritakan pengalamannya selama menggarap motor beraliran chopper itu.

Menurut Atenk mengerjakan motor Jokowi 'susah-susah gampang' sebab konsumennya kali ini bukan orang biasa. Ia pun turut mengajak bengkel rekanannya untuk merombak sasis W175 yang dijual di pasaran seharga Rp30 jutaan itu.

"Ya ngerjain motor mulai dari ngelepas bodi dan komponen standar. Selesai itu yang garap sasis ada bengkel temen gue di sana," kata dia.

"Tapi untuk detail-detail seperti bracket footstep, bracket mesin, hingga pengereman kami Katros yang garap sendiri," ucapnya lagi.

Cerita Status 'BUMN' Bengkel Motor Custom Jokowi Presiden Joko Widodo (tengah) bersama komunitas motor melakukan konvoi mengelilingi Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/11/2018).  (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Ia menyampaikan pengerjaan motor ini dilakukan penuh perhitungan matang. Ada beberapa sektor yang sengaja dibuat kekar misalnya pada bagian ban menggunakan ukuran 500 ring 16 depan-belakang dan mengganti suspensi dengan tipe upside down dari sebelumnya telescopic.

"Ubahan ini biar kekar dan gagah," kata Atenk.

Menurutnya pengerjaan motor ditutup dengan tahap penempelan emblem plat bertuliskan 'Jokowi'.

"Dua bulan kami kerjakan motor ini, baru setelahnya kami antar langsung ke Istana Bogor," kata dia.

Atenk bersyukur pelanggannya kali ini merupakan orang nomor satu di dalam negeri. Karena proyek ini juga dia bilang bengkelnya kerap mendapat candaaan sebagai BUMN atau Bengkel Umum Milik Negara.

"Gara-gara proyek ini Katros dapat julukan BUMN, Bengkel Umum Milik Negara. Tapi itu hanya candaan saja sih," kata Atenk.


Cerita Status 'BUMN' Bengkel Motor Custom Jokowi Presiden Joko Widodo membeli motor Royal Enfield Bullet 350cc bergaya chopper. (Rusman - Biro Setpres)
Jokowi diketahui pertama kali menunggangi motor custom berkelir hijau itu dalam kunjungan kerja di Tangerang pada November 2018. Jokowi pun kerap membawa motor itu berkeliling Indonesia dalam berbagai agenda kerja, hingga kegiatan berkendara bersama putra bungsunya yaitu Kaesang Pangarep di Bogor, Jawa Barat.

Jokowi diketahui juga punya motor custom chopper berbasis Royal Enfield buatan Elders Garage. Hanya saja motor custom berwarna emas itu jarang terlihat dalam kegiatan Jokowi.

[Gambas:Youtube] (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment