Tuesday, December 31, 2019

Bahaya Ingar-bingar Malam Tahun Baru pada Kendaraan

Jakarta, CNN Indonesia -- Bermain mercon, petasan, atau kembang api saat malam pergantian tahun bisa jadi dianggap menghibur buat sebagian orang. Namun ada bahaya yang mengancam bila peledak kecil itu digunakan di sembarang tempat, misalnya dekat kendaraan.

Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta Dolf Valentino mengatakan bermain mercon dekat mobil dapat berakibat buruk dan fatal. Pasalnya mobil mengandung bahan yang mudah terbakar seperti bensin.

Dolf menjelaskan seseorang yang bermain mercon mungkin saja tidak menyadari mobil di sekitarnya sedang bermasalah seperti mengalami kebocoran bensin namun tak terlihat. Bensin merupakan sesuatu yang mudah sekali terbakar termasuk karena percikan api.

"Jika bahan bakar ini menetes atau uapnya saja ini adalah sebagai pemicu terjadinya kebakaran bahkan ledakan di fuel tank nantinya," kata Dolf, Selasa (31/12).

"Ya pemain-pemain kembang api ini dijauhkan dari mobil atau pemukiman. Karena itu uap bahan bakar tidak bisa terlihat, cuma tercium saja," ucap Dolf lagi.

Mercon Merusak Bodi Mobil

Head Dealer Technical Support Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi berpendapat bermain mercon di sekitar mobil juga dapat merusak penampilan kendaraan.

Menurut Didi percikan api atau sisa ledakan tanpa disadari bisa menempel di bagian bodi kendaraan yang berbahan plastik sehingga menyebabkan meleleh. Bekas meleleh seperti luka pada bodi yang bisa menyebabkan mobil tak sedap dipandang.

Bahan plastik pada mobil biasanya ada di bagian bumper, spion, atau rumah lampu. Sementara pada sepeda motor kebanyakan komponen luar menggunakan bahan itu.

"Nah kalau mental ke bagian plastik bisa saja jadi terbakar atau lumer," kata Didi.

Buat menghindari kejadian yang diinginkan ada baiknya pemilik kendaraan bijak memilih lokasi parkir saat merayakan malam tahun baru. (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment