Tuesday, December 31, 2019

8 Poin Berkendara Aman Saat Hujan pada Malam Tahun Baru

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini tentang prediksi cuaca hujan petir pada malam tahun baru. Buat pengendara yang memutuskan berkendara pada momen pergantian tahun direkomendasikan tetap waspada dan berpegangan teori safety driving.

Berkendara saat hujan butuh perhatian lebih sebab debit air akan mengganggu pandangan. Selain itu air juga membuat jalanan menjadi licin dan muncul genangan di mana-mana yang berpotensi mengakibatkan aquaplaning.


Berikut ini delapan tips supaya tetap aman berkendara saat hujan yang disadur dari situs resmi TMC Polda Metro.

Pertama, periksa semua lampu kendaraan apakah berfungsi baik. Penerangan dari lampu krusial untuk membantu meningkatkan jarak pandang yang terbatas, terutama saat malam hari. Lampu juga menjadi sinyal keberadaan kendaraan kita untuk pengendara lain.

Kedua, periksa tekanan udara ban pastikan sesuai rekomendasi produsen. Selain itu cek juga kesehatan ban seperti pada kedalaman tapak ban sebab kondisinya akan menentukan traksi dengan permukaan jalan.

Aquaplaning atau kondisi saat ban 'melayang' sesaat karena genangan air dan selip lebih cepat terjadi bila tapak ban sudah aus.

Ketiga, periksa kondisi kontrol utama kendaraan anda meliputi kemudi, pedal rem, gas, maupun kopling. Pastikan semuanya dalam kondisi baik, berikan perhatian khusus bila mulai sering hujan untuk mengantisipasi keadaan darurat yang dapat menyebabakan kecelakaan.

Keempat, gunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendaraan. Sepatu akan lebih baik dibanding sandal dan jangan berkendara sepeda motor tanpa alas kaki.

Siapkan juga jas hujan tipe baju dan celana, tipe ini lebih direkomendasikan ketimbang ponco.

Kelima, kurangi kecepatan saat hujan. Penting diingat semakin kencang kendaraan berarti traksi ban semakin berkurang.

Keenam, jaga jarak aman kendaraan dengan kendaraan lain. Perlu dipahami saat hujan titik pengereman semakin jauh karena pandangan terbatas dan permukaan jalan yang licin.

Ketujuh, jangan sembarang menerobos genangan air karena bisa jadi salah persepsi soal kedalamannya. Bisa jadi genangan air menutupi lubang dalam yang mampu bikin ban terperosok dan mobil jadi sulit dikendalikan.

Kedelapan, apabila terjebak banjir dan kendaraan mogok, jangan hidupkan mesin. Lebih baik dorong ke tempat aman karena ada kemungkinan terjadi water hammer atau korsleting. (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment