Saturday, November 24, 2018

Tengok, Modifikasi Suzuki Tua Jadi Motor Camping Laut yang Manis

JawaPos.com - Motor modifikasi bisa terinspirasi dari banyak cerita yang dilatari kisah kehidupan seseorang baik itu modifikatornya maupun pemilik motor tersebut. Kisah-kisah yang biasa dialami seperti kebebasanm persahabatan dan kesenangan bisa melatarinya.

Kali ini sebuah motor dengan konsep Surf Tracker dari Suzuki DR500 hasil karya Roy Holtman dari RH Motorcycles yang berbasis di Belanda menceritakan tentang hal tersebut. Roy dikutip Bikebound, selasa (20/11) berusaha menyatukan unsur art dengan hasrat dibali cerita kebebasan bermotor dalam kuda besi bertema Suff Tracker itu.

Motor modifikasi ini sangat personal, karena meninggalkan bekas perjalanan Roy yang doyan dengan kegiatan caping, ia mengistilakannya sebagai perjalanan berselancar di pasir layaknya Wheels & Waves di Biarritz, Prancis.

Tengok, Modifikasi Suzuki Tua Jadi Motor Camping Laut yang Manis
Motor penjelajah lautan pasir pantai yang tangguh dan manis (Dok. Bikebound)

Mendapat bahan Suzuki DR500 1983 yang memiliki model off-road yang bisa mengarungi medan berpasir, membuat sang builder akhirnya mengubah motor ini menjadi lebih kuat dan pas untuk perjalanan surfingnya, menimbang motor tersbut sudah termasuk berumus.

Untuk mendapatkan model berbeda dan agar terlihat lebih macho, sejumlah perubahan diaplikasikan pada salah satu motor trail andalan Suzuki tahun 80-an ini. Menunjang pergerakannya di medan berpasir halus Roy memasang pelek 18 inci padanya, sementara suspensinya masih menggunakan bawaan yang ditimbang lebih mumpuni untuk mengakomodir kenyamanan berendara.

Bagian tangki di custom sehingga dudukan tangki diganti dengan dudukan baru dengan tali karet, mounting bracket asli tidak mengakomodir itu, karena Roy memberi celak yang terlihat antara jok motor dengan tangki. Tangki oval ini diumuri dengan cat khusus yang memadukan warna putih dan silver pada bagian center.

Lampu depan menggunakan lampu kuning bulat minimalis. Fnder bagian depan dan belakang memakai material Stainless steel. Twinair filter udara motor dibuat terbuka dengan penutup debu halus, pemasanga oil catchcan dan filter sebagai pernapasan crankcase, mesin di overhaul. Sementara bagian knalpot diberi pembungkus panas dan shortend off-road BSM muffler old-skool.

Salah satu bagian unik dari motor Suzuki DR500 Surf Tracker garapan RH Motorcycles ini, adalah penyediaan tempat penyimpnan papan selancar pada saat isterahat pada bagian samping kiri dengan memberikan dudukan khusus yang dikait pada pagian pedal injakan depan dan belakang.

(wzk/JPC)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong disini

No comments:

Post a Comment