GridOto.com - Modifikasi motor unik ini tak sengaja GridOto temukan di Stasiun Kereta Api Banjar, Jawa Barat (28/9).
Tadinya GridOto sempat menyangka gerobak, setelah diperhatikan ternyata sebuah motor bebek yang disulap jadi lori.
Melihat mesin dan rangka yang tersisa, diperkirakan lori ini dibuat menggunakan bahan Honda Astrea.
Namun tidak jelas nih jenis Honda Astrea apa, sebab antara Astrea Grand, Star, Prima, hingga Legenda punya desain rangka yang hampir serupa.
(BACA JUGA: Namanya Cinta, Harley-Davidson Dikalahkan Demi Honda Astrea Grand)
Dari informasi rekan GridOto yang bekerja di PT KAI, memang banyak motor yang disulap untuk membantu pekerjaan di sekitar stasiun.
Jenis motor yang digunakan biasanya dari motor bebek tua seperti Suzuki Shogun, Honda Supra, Honda Astrea, dan masih banyak lagi.
Fungsinya dibuat seperti itu agar bisa membantu staf PT KAI melakukan inspeksi rel hingga membawa batu ballast atau kricak.
Agun/GridOto.com
Rangka asli Honda Astrea dilas ke bogie 1067 mm
Agar bisa berjalan di rel, terlihat rangka dilas dengan bogie lori dengan track gauge 1067 mm.
Namun karena lebih mementingkan fungsi daripada estetika, modifikasi Honda Astrea ini memang terlihat hancur lebur.
Lihat saja kaliper rem cakram yang sudah tidak difungsikan dibiarkan menjuntai saja.
Agun/GridOto.com
Rem belakangnya sudah cakram tuh!
Untuk duduk pengendara (atau mungkin masinis) malah tidak ada jok.
Sedangkan tangki bensin asli yang sudah tidak difungsikan malah diganti dengan jerry can yang digantung di sisi lori.
Karena sudah tidak perlu belok-belok lagi, setang dipotong dan menyisakan sebelah kanan untuk ngegas saja.
Agun/GridOto.com
Lebih mementingkan fungsi dari estetika sehingga terlihat kacau balau
Untuk pengereman juga udah enggak pakai tuas rem lagi, tapi pakai tuas tambahan di sebelah kiri seperti becak.
Sayangnya GridOto enggak sempet mengobrol langsung soal modifikasi Honda Astrea jadi lori ini dengan pihak stasiun karena cuma berhenti di Stasiun Banjar sebentar untuk langsiran.
Soal mesinnya juga terlihat masih standar ala Honda C-series yang punya kubikasi 97,1 cc dan berdaya maksimal sekitar 6-7 dk.
Agun/GridOto.com
Mesin Honda Astrea series yang terlihat standar-standar saja
Mesin C-series generasi Honda Astrea memang terkenal bandel, irit, dan punya daya tahan kuat.
Mungkin ini yang jadi pertimbangan pihak Stasiun Banjar untuk menggunakan mesin Honda Astrea.
Lalu bagaimana dengan performanya di atas rel?
Agun/GridOto.com
Modifikasi unik Honda Astrea jadi lori di Stasiun Banjar
Walah, sudah ditambahkan beban ekstra ratusan kilogram sih sekadar masih mau maju saja sudah oke tuh!
Tapi jangan salah, lori Honda Astrea ini bisa mencapai kecepatan maksimal lebih dari 120 km/jam.
Iya... Kalau ditempelkan ke lokomotif CC206 yang berdaya 2.250 dk. Hehehe...
Baca Dong disini
No comments:
Post a Comment