Monday, June 4, 2018

Cegah Modifikasi Ekstrim, Pilih Busi Sesuai Kebutuhan Mesin

Cegah Modifikasi Ekstrim, Pilih Busi Sesuai Kebutuhan Mesin

Pilih busi sesuai dengan kebutuhan mesin motor Anda. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Dalam dunia modifikasi, banyak cara dilakukan untuk meningkatkan performa mesin sepeda motor. Salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kinerja pengapian agar menghasilkan api yang besar.

Menurut Aftermarket Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, sebelum melakukan modifikasi pada bagian pengapian itu kita harus tahu dulu bagaimana cara kerja pengapian.

"Busi punya peran vital yang berfungsi sebagai pemantik bunga api dalam ruang bakar mesin, ketika Udara dan bahan bakar bercampur," kata Diko kepada Medcom.id, di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Diko sekali lagi menegaskan, busi itu berfungsi menghasilkan listrik agar terjadi api, bukan menghasilkan api. Kemudian dijelaskan, pembesaran api pada busi sangat dipengaruhi oleh bentuk material bahan dan elektroda (elektroda pusat dan elektroda ground). 

"Kita harus tahu dulu faktar mana yang sangat mempengaruhi proses pengapian, faktornya apa, saya kira kita harus tahu dulu. Sebetulnya busi sudah diciptakan dengan banyak varian pilihan, kita tinggal pilih mau variasai yang mana,  ada model Nickel, G-Power hingga Iridium," jelasnya.

Dengan memilih varian sesuai dengan kebutuhan kendaraan bermotor Anda, adalah salah satu cara untuk menghindari modifikasi ekstrim yang salah. "Saya pernah bertemu dengan modifikasi yang memotong bagian electrokda-nya, yang katanya tujuannya untuk memperbesar api. Padahal ini hal yang salah, karena durability-nya tidak dapat."

(UDA)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong disini

No comments:

Post a Comment