Sunday, April 8, 2018

Jenis modifikasi untuk menambah keamanan mobil

Ilustrasi modifikasi mobil

Ilustrasi modifikasi mobil | Shutterstock

Awal tahun 2018, pabrikan mobil kian gencar mengeluarkan produk-produk terbaru. Mobil-mobil yang kini beredar, mulai dari segmen city car hingga keluarga, semakin beragam dan memberikan pilihan kepada calon konsumen di Indonesia sesuai kebutuhan.

Meski mobil pilihan sudah dilengkapi berbagai fitur penunjang, tak jarang si empunya mobil masih tetap melakukan modifikasi. Tujuan dari modifikasi itu biasanya dilakukan pengguna untuk menambah estetika dan tingkat kenyamanan pada mobil.

Dalam dunia modifikasi, ada dua jenis modifikasi yang bisa dilakukan; modifikasi ringan dan ekstrem. Namun, satu hal yang tak boleh diabaikan oleh pengguna adalah tetap memperhatikan sisi keamanan dan fitur penunjang pada sebuah mobil.

Tersebab hal itu, ada beberapa bagian mobil, baik interior dan eksterior yang bisa menjadi objek dari ide modifikasi tetap mengutamakan sisi keamanan. Untuk pertimbangan, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli modifikasi atau menambah beberapa fitur berikut.

Lampu sein di dalam kaca spion samping

Salah satu aksesori mobil yang sedang marak digunakan adalah penggunaan lampu sein LED yang disematkan di balik kaca spion untuk semua jenis mobil. Bentuknya unik, terdiri dari kumpulan LED (light emitting diode) kecil yang membentuk anak panah.

Perangkat ini memiliki angka kelistrikan --voltase-- yang cukup rendah, yaitu dikisaran 12 V DC. Dengan harga rata-rata yang ditawarkan mulai Rp50 ribu hingga Rp70 ribu, fitur sein LED pada spion ini dapat membantu visibilitas pengemudi dari gejala blind spot di area belakang serta memudahkan pengemudi lain di belakang ketika mobil hendak berbelok atau berbalik arah.

Kamera parkir

Mobil-mobil baru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur sensor parkir untuk memberi peringatan terhadap objek penghalang di belakang mobil. Namun, dengan kemampuan berkendara yang berbeda pada setiap pengemudi, biasanya mereka menambahkan kamera pada bagian belakang mobil.

Fungsi dari kamera mundur adalah membantu pengendara saat parkir tanpa didampingi pemandu atau orang yang melihat bagian belakang dari mobil. Kamera mundur ini membuat jarak pandang ke bagian belakang dapat dipantau dengan mudah melalui layar monitor atau head unit secara aktual.

Menambah lampu pada mata kucing

Saat ini, banyak mobil yang menambah lampu mata kucing yang biasanya terletak di bagian bemper belakang bawah. Disebut mata kucing karena memiliki bentuk mirip dengan mata kucing, di mana saat terpantul cahaya maka akan menyala.

Meski bentuknya kecil, lampu mata kucing pada mobil sangat penting. Hal ini akan terasa manfaatnya bila pengemudi mobil menginjak pedal rem dan lampu tersebut bisa menyala. Cara kerjanya sama seperti lampu rem konvensional, namun lampu pada mata kucing akan lebih terlihat bila kondisi cuaca berkabut atau hujan lebat. Lampu mata kucing akan terlihat lebih jelas ketimbang lampu belakang konvensional layaknya lampu kabut (foglamp) di bagian depan.

Memilih kaca film berkualitas

Pemilihan kaca film berkualitas juga merupakan modifikasi ringan yang dapat menambah rasa aman. Selain menangkal panas dari paparan sinar matahari yang terik, pemilihan kaca film berkualitas juga dapat meningkatkan keamanan dari incaran pencuri.

Di pasaran, terdapat berbagai jenis kaca film yang bisa diterapkan pada mobil Anda. Namun, sebagai pertimbangan terbaik, pilihlah kaca film dengan tingkat kegelapan yang tidak lebih dari 40 persen untuk kaca depan agar tidak mengganggu penglihatan saat sedang berkendara pada malam hari atau hujan deras.

Sementara untuk kaca bagian samping, Anda dapat memilih kaca film dengan kadar kepekatan sekitar 60 persen atau 80 persen untuk menyamarkan jarak pandang dari luar ke kabin mobil. Pemilihan kaca yang tepat akan berpengaruh pada tingkat keamanan dan kenyamanan Anda.

Penggunaan roof rail

Salah satu aksesori yang kerap diburu pemilik mobil menjelang mudik, baik Lebaran atau akhir tahun adalah menggunakan roof rail untuk memasang roofrack atau rak atap. Aksesori ini berguna untuk menampung barang yang tak muat disimpan di dalam kabin.

Untuk membeli aksesori ini sebetulnya tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, perhatikan soal kapasitas kendaraaan. Misalnya, beban maksimal yang bisa diangkut sebuah mobil keluarga adalah 600 kg. Maka, usahakan barang yang dibawa beserta barang yang ada di roofrail, tidak boleh melebihi itu.

Kemudian dengan melihat kemampuan roofrack itu sendiri dalam membawa barang. Misalnya, bila mobil Anda agak besar, roofrack yang digunakan sebaiknya berbahan besi. Tujuannya agar kemampuan menopang lebih kuat.

Untuk melakukan modifikasi tersebut, pastikan hal tersebut tidak menggugurkan asuransi kendaraan Anda. Pasalnya, saat melakukan modifikasi ada beberapa bagian pada mobil yang boleh dan tak boleh disentuh. Modifikasi berlebihan yang mengubah standar pabrikan dapat membuat asuransi Anda hangus.

Ketika Anda ingin mulai memodifikasi, Anda harus melaporkan perubahan yang terjadi pada kendaraan Anda, sekecil apapun. Dalam prinsip asuransi hal ini dinamakan utmost good faith, di mana pelanggan harus memberikan informasi sejujurnya dan sejelas-jelasnya mengenai kondisi mobil yang dimiliki. Jadi, agar asuransi kendaraan Anda tidak gugur dan membuat klaim ditolak, pastikan Anda selalu memberikan data terbaru tentang kondisi mobil kepada pihak asuransi.

Penggunaan asuransi pada zaman digital sudah semakin mudah. Tingginya kepadatan aktivitas individu perkotaan, ditambah dengan kemacetan yang tidak terduga membuat masyarakat urban kerap enggan mengurus keperluan asuransi.

Oleh karena itu, diperlukan asuransi yang dapat memberikan perlindungan tanpa merepotkan. Asuransi seperti Garda Oto misalnya, memiliki Garda Oto Digital yang memudahkan pelanggan untuk melakukan klaim hanya dengan semudah mengoperasikan telepon genggam.

Garda Oto Digital juga dilengkapi dengan layanan terbaru #MakinGampang. Fitur ini membuat pelanggan semakin mudah melakukan klaim kerusakan kendaraan di berbagai di manapun Anda berada. Setelah proses perbaikan mobil selesai, klaim #MakinGampang memudahkan antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan Anda dan antar kembali dari bengkel, sehingga akan menghemat waktu Anda saat bepergian atau urusan pekerjaan.

Tak sampai situ, Garda Oto Digital juga menawarkan keuntungan lain untuk pelanggan, seperti mengecek status klaim secara real time , survei mobil sesuai keinginan konsumen, program cicilan 0 persen, hingga sejumlah hadiah langsung dan undian yang bisa dibawa pulang pengguna.

Bagi Anda yang ingin memberikan perlindungan tambahan untuk kendaraan kesayangan, Anda dapat mengunjungi https://www.gardaoto.com/.

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong disini

No comments:

Post a Comment