Saturday, February 22, 2020

Mencari BBM yang Sesuai untuk 'Motor Bebek'

Jakarta, CNN Indonesia -- Pertanyaan: Motor bebek lebih baik pakai Pertamax atau Pertalite, dan bagaimana cara menghemat penggunaan bahan bakar motor?

@korneliusalf

Tabel perbandingan kompresi dan oktan bahan bakar.Tabel perbandingan kompresi dan oktan bahan bakar. (Foto: Dok. Provis Autolab)

Terlampir adalah tabel perbandingan kompresi dan oktan bahan bakar yang dibutuhkan.

Cara yang bisa menjadi acuan penggunaan BBM oktan yang akan digunakan adalah dengan mencoba mencari tahu berapa perbandingan kompresi mesin kendaraan.

Awalnya bisa dicoba menggunakan oktan BBM sesuai dengan yang ada pada tabel. Setelah itu bisa dicoba menggunakan oktan yang sedikit lebih rendah atau tinggi secara bertahap dengan berpatokan bahwa saat mesin sudah panas tidak ada suara 'ngelitik' atau knocking dan tidak terdengar suara yang aneh-aneh dari mesin, artinya suara mesin tetap halus.

Untuk diingat bila campuran bensin dan udara terbakar sempurna dalam ruang mesin praktis menghasilkan tenaga yang maksimal.

Lantas bagaimana cara menghemat pemakaian BBM?

Banyak cara untuk meningkatkan efisiensi pemakaian BBM yaitu dengan menggunakan alat-alat tambahan atau bisa juga ditingkatkan efisiensi pembakaran mesin dengan cara mekanikal.

Meningkatkan efisiensi BBM secara mekanikal tentu memakan waktu karena ada sentuhan pada bagian mesin.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment